Keutamaan Sholat Dhuha: Sehat Dunia sampai Akhirat


Sholat Duha adalah sholat sunah yang dilakukan di pagi hari. Waktunya, setelah keluarnya mata hari kira-kira satu tombak sampai masuknya waktu zuhur. Paling banyaknya 12 roka’at, paling sedikitnya dua roka’at, dan yang paling afdal delapan roka’at. Sholat pagi ini begitu agung pahalanya.

Namun, sering kita melalaikannya karena mementingkan hal lain. Padahal, Sayyidina Abu Hurairah pernah diwasiati oleh Rasulullah Saw. agar selalu sholat Duha.


Setidaknya, ada dua peninjauan kenapa sholat Duha begitu penting dilakukan. Pertama, ditinjau dari segi ibadah. Ternyata, sholat Duha memiliki keutamaan yang begitu dahsyat. Bagaimana tidak? Dengan sholat duha dua rakaat saja, sudah dianggap cukup mensyukuri nikmat sekujur tubuh. Luar biasa bukan?


Dalam sebuah hadis Rasulullah saw. bersabda, “Ketika pagi merekah, wajib bersedekah untuk setiap persendian (ruas) kalian. Maka setiap tasbih itu sedekah, setiap tahmid itu sedekah, setiap tahlil itu sedekah, setiap takbir itu sedekah, setiap memerintah kebajikan itu sedekah, serta melarang kejelekan itu sedekah. Dan, dua rakaat sholat Duha mencukupi untuk itu.” (HR. Muslim)

Dalam hadis di atas, Rasulullah mengabarkan bahwa ketika waktu pagi tiba, ada kewajiban yang harus kita penuhi. Yaitu mensykuri seluruh anggota tubuh. Mulai ujung rambut sampai ujung kaki. Semuanya harus disyukuri. Rambut disyukuri, otak disyukuri, mata disyukuri, dan seterusnya.

Cara menysukurinya bisa dengan sedekah, membaca tahmid, membaca tasbih, atau ibadah-ibadah yang lain. Pertanyaannya kemudian, mampukah kita mensyukuri seluruh tubuh satu persatu? Sulit. Bahkan mungkin tidak bisa.

Oleh karena itu, Rasulullah Saw. memberi solusi dengan sholat Duha. Sholat Duha dua rakaat dianggap cukup sebagai ungkapan syukur untuk seluruh anggota tubuh. Sebab, ketika sholat, secara otomatis seluruh anggota tubuh ikut sholat. Dengan begitu, kita sudah menggunakannya untuk meraih rida Allah Swt..

Jadi, fungsi sholat Duha adalah untuk mensyukuri seluruh anggota tubuh. Untuk mensyukuri rambut karena tidak rontok, mensyukuri otak karena masih berfungsi, mensyukuri mata karena masih bisa melihat, dan seterusnya.

Lalu, masihkah kita tidak memedulikan sholat Duha? Bagaimana kalau seumpama Allah mencabut fungsi anggota tubuh kita karena dianggap tidak bersyukur?

Mari renungi ayat berikut ini, “Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih." (QS. Ibrahim: 07)

Pengertian sederhannya dari ayat di atas, jika bersyukur, akan bertambah. Jika kufur, akan musnah. Jika bersyukur, kita akan selalu sehat. Jika kufur (tidak bersyukur), kesehatan kita akan diambil oleh Allah yang memberi nikmat.

Kedua, ditinjau dari segi kesehatan. Menurut Ilmu kesehatan, waktu pagi adalah waktu yang tepat untuk berolahraga.
Jenn Burke, fintness manager di Crunch Gyms, Los Angels, As, mengatakan untuk orang yang berolahraga pagi, “Anda memulai hari dengan pembakaran kalori yang tinggi, dan mendapatkan energi yang maksimal dari metabolisme tubuh yang baik dalam membuat Anda meningkatkan energi untuk melakukan aktivitas seharian.”
Nah, sholat Duha bisa juga dibuat media olahraga. Sebab, gerakan sholat sangat baik bagi tubuh. Dr. Ebrahim Kazim, peneliti, seorang dokter dan direktur dari Trinidad Islamic Acadmy, mengatakan bahwa gerakan sholat yang teratur dapat menguatkan otot beserta tendonnya, sendi serta berefek luar biasa terhadapa sistem kardiovaskular.
Dengan demikian, kita tidak perlu lagi bertanya kenapa harus sholat Duha? Sholat Duha begitu penting untuk kehidupan kita di dunia maupun di akhirat. Dengan sholat Duha, kita dapat menjaga kesehatan tubuh. Dengan sholat Duha, kita juga bisa mensyukuri nikmat sekujur tubuh serta bisa memetik pahala nanti di akhirat.

Sudah dimuat di santrinews.com
Sumber Foto: http://beritaaislam.blogspot.co.id
Baca Juga 5 Keutamaan Surat Yasin


Post a Comment

Tinggalkan komentar anda....!

Previous Post Next Post