Bikin Baper, 10 Potret Keromantisan Rasulullah Bersama Istri Tercinta

Sumber  foto : https://www.ruangmuslimah.co


Memiliki keluarga romantis itu pasti dambaan semua orang. Karena keluarga romantis akan diselimuti dengan kebahagiaan. Nabi Muhammad pun sosok suami yang romantis dan memerintahkan umatnya untuk menjadi suami yang romantis. Kata Rasulullah, “Sebaik-baiknya kalian adalah yang paling baik kepada keluarganya dan aku paling baik kepada keluargaku.” (HR. Imam Turmdudzi)

Nah, berikut ini 10 potret keromantisan Rasulullah bersama sang istri yang akan membuat kamu baper.


       1. Mengecup istri ketika hendak berangkat

Sayidah Aisyah bercerita; “Sungguh nabi Allah mengecupku ketika hendak keluar (pergi) untuk salat…” (Sunan Daru Qutni juz 1 hlm. 135)

2     2. Segelas minuman dan satu daging untuk berdua

Suatu ketika Sayidah Aisyah minum di sebuah wadah. Waktu itu ia dalam keadaan haid. Lalu nabi juga minta minum. Diberikannya wadah itu kepada beliau. Lalu Rasulullah minum tepat di bibir gelas yang diminum oleh Sayidah Aisyah.

Sayidah Aisyah juga menggigit daging. Wakut itu ia juga dalam keadaan haid. Lalu beliau meminta daging itu. Ia memberikannya. Rasulullah pun menggigit daging di bekas gigitan Sayidah Aisyah.  (Shahih Muslim Juz 1 hlm. 168 /Mirqat Al-Mafatih Juz 2 hlm. 487)

3      3. Tidur di pangkuan istri sambil baca Alquran

Sayidah Aisyah bercerita, “Suatu ketika Rasulullah meletakkan kepalanya di pangkuanku. Aku dalam keadaan haid. Lalu beliau membaca Alquran.” (Shahih Muslim juz 1 hlm. 169 dan Misykah Al-Mashabih juz 2 hlm.495)

4     4. Jalan bareng sambil ngobrol

“... Pada suatu malam, Rasulullah berjalan bersama Sayidah Aisyah sambil berbincang-bincang....” (Sahih Bukhari juz 13 hlm.174)

5     5. Memuji istri dengan kata-kata indah

“Keutamaan Aisyah terhadap wanita lain itu seperti keutamaan Tsarid terhadap makanan lain.” (Shahih Bukhari juz 13 hlm. 495)

*Tsarid : Makanan yang terbuat dari roti yang dilunakkan kemudian dicampur dengan kuah (Keterangan dari Mu’jam Almaani). Pada masa nabi makanan ini adalah makanan paling spesial.

   6. Minta disisir kepada istri

Ketika iktikaf di Masjid, Nabi mendekatkan kepalanya kepada Sayidah Aisyah. Lalu Sayidah Aisyah menyisir rambut beliau…” (Shahih Muslim juz 1 hlm. 167)

   7. Saat istri sedih dan menangis, Rasulullah menenangkan dan mengusap air matanya

Suatu ketika Sayidah Shafiyah ikut Rasulullah dalam sebuah perjalanan. Tapi unta yang ditunggangi Sayidah Shafiyah lamban. Lalu ia menangis. Rasulullah menghampirinya. “Engkau membawaku di atas unta yang lamban,” kata Sayidah Shafiyah kepda beliau. Rasulullah mengusap air mata Sayidah Shafiyah dengan kedua tangan beliau seraya menenangkan Sayidah Shafiyah agar tidak menangis lagi. (as-Sunan al-Kubra Li an-Nasa’I juz 5 hlm. 369)

   8. Membonceng istri

Anas bin Malik bercerita, “Suatu hari kita bersama Rasulullah sepulang dari Usfan (nama sebuah tempat). Rasulullah menunggangi kendaraannya sambil membonceng Sayidah Shafiyah binti Huyyin.” (Shahih Bukhari juz 8 hlm. 79)

   9. Kejar-kejaran bersama istri

Suatu ketika Rasulullah dalam perjalanan. Sayidah Aisyah turut bersama beliau. Dalam perjalanan Rasulullah mempersilahkan orang-orang untuk berada di depan. Sedangkan beliau berduaan dengan Sayidah Aisyah di belakang.

“Kemarilah, aku ingin berlomba denganmu!” ajak Rasulullah.

Sayidah Aisyah setuju. Lalu mereka kejar-kejaran dan Sayidah Aisyah sampai lebih dulu. Beberapa lama kemudian, dalam sebuah perjalanan beliau mengajak Sayidah Aisyah kejar-kejaran lagi. Ia mengiakan, kali ini Sayidah Aisyah kalah. Karena menurut pengakukan Sayidah Aisyah, waktu itu badan beliau lebih berisi sedangkan sebelumnya tidak. (Musnad Imam Ahmad bin Hanbal, juz 6 hal. 277)

  10. Nonton bareng

Pada waktu hari lebaran ada orang Sudan bermain tameng dan tombak (alat perang). Sayidah Aisyah minta izin kepada Rasulullah untuk melihatnya. Maka beliau memposisikan Sayidah Aisyah di belakangnya. Sayidah Aisyah meletakkan dagunya di pundak Rasulullah dan menempelkan pipinya ke pipi beliau. (Fathul Bari Juz 2, hal.440)

Itulah 10 potret keromantisan Rasulullah bersama istri tercinta. Beliau sudah memberi contoh, tinggal kita meneladaninya, agar keluarga yang kita bangun menjadi keluarga yang diselimuti sakinah (ketentraman), mawaddah (cinta), dan rahmah (kasih sayang).

Post a Comment

Tinggalkan komentar anda....!

Previous Post Next Post