Biografi Syaikh Abul Hasan Ali asy-Syadzili, Pendiri Thoriqoh Syadziliyah dari Maroko


“Siapa yang ingin bersahabat dengan Allah, maka hendaklah ia berangkat meninggalkan segala kesenangan diri. Tidak akan sampai si hamba kepada Allah, jika masih ada pada dirinya syahwat. Dan tidak juga, jika masih ada pada dirinya segala nafsu keinginan “

Kelahiran dan masa kecil

Pada tahun 593 H/1197 M lahirlah bayi mungil yang kelak akan menjadi salah satu kekasih Allah. Bayi itu lahir di Afrika utara  bagian ujung paling barat, tepatnya di desa Ghemaroh, negeri Maghrib al-Aqso/Maroko. Dikemudian hari anak dari sayyid Abdullah Ini, terkenal dengan nama Sayyaid Syeikh al-Imam al-Quthb al-Gauts Sayyidina As-Syarif Abul Hasan Ali asy-Syadzily.


Syeikh Abul Hasan Ali asy-Syadzily masih keturunan dari baginda nabi Muhammad Saw. Beliau berada  diurutan yang ke 22 melalui jalur Sayyidina hasan bin Sayyidina Alin bin Abi Tolib r.a.


Ali kecil lansgung di bimbingan langsung oleh kedua orang tuanya sendiri. Sejak itu pula sudah tampak  dari diri beliau budi pekerti yang baik dan indah, kata-katnya fasih dan santun, memiliki cita-cita yang tinggi dan gemar mencari ilmu. Sehinnga tak mengherankan di umur yang relative muda (umur 6 tahun) beliau sudah berkelana meninggalkan ayah ibu untuk rihlah mencari guru yang akan membingnya kejalan kewalian.

Pertemuan dengan Nabi Khidlir

Setelah belaiu di didik oleh orang tuanya, beliau pergi menuju Tunis (sekarang ibu kota Negara Tunisia, afrika utara). Setibanya di tunis, anak yang masih berumur 6 tahun ini mendapati nya sedang dilanda paceklik kelaparan. Sehinga banyak ditemukan orang-orang mati ditengah jalan dan pasar-pasar. Karna kemulyaan akhlaq beliau, terbesitlah di hatinya “ andaikan saya punya uang, saya akan membeli roti untuk mereka.” Maka seketika itu Allah mengisi saku syaikh dengan banyak uang. Kemudian, beliau langsung bergegas menuju tukang roti dan membelinya kemudian diberkikan kepad orang-ornag yang sedang kelaparan.

Selanjutnya beliau mencari masjid Jami’. Kebetulan hari itu hari jum’at. Sesampainya di masjid, beliau shalat Tahyatul Masjid dua rokaat lalu salam. Setelah salam tanpa terasa disamping kanan  syakh Abul Hasan Ali asy-Syadzily terdapat seseorang. Lalu beliau mengucapkan salam kepadanya  dan  orang itu tersenyum. “Tuan, siapa anda?” Tanya syeikh Abul Hasan Ali asy-Syadzily.” Saya Nabi Khidlir, saya diperintah untuk menemui sang wali allah, yang bernama Ali di tunis. Maka saya segera menemui anda.” Jawab orang itu. Seusai shalat jum’at, ternyata Nabi Khidlir telah raib entah kemana. Nabi Khidir datang untuk memberi tahu bahwa syaikh Abul Hasan Ali asy-Syadzily dipilih untuk menjadi kekasih Allah. Lalu beliau pergi ke seorang yang wali yaitu syeikh abi said al-Baji. Syekh asy-Syadzili pergi ke beliau untuk menenyakan tentang kejadian yang menimpanya. Setelah itu beliau tinggal bersamana Syekh al-Baji.

Berguru kepada Syaikh al-Baji

Syaikh Abul Hasan Ali asy-Syadzily tinggal bersama syaikh al-Baji selama bertahun-tahun. Beliau belajar kepada nya tentang berbagai ilmu diantaranya tentang al-Qur’an, Hadits, Fiqih, Akhlaq, Tauhid beserta ilmu-ilmu alat. Dikarnakn syakih Abul Hasan Ali asy-Syadzily sangat dekat kepad gurnya itu, beliau sering mendampinginya naik haji.

Setalah beberapa tahun beliau berguru kepada syaikh Abi Said al-Baji, beliau merasa  hanya mendapatkan ilmu syariat atau kulitnya saja. Maka beliau memantapkan hati untuk meniti sebuah jalan (toriqoh) sekaligus ingin mencari mursyid dari wali al-Quthb yang akan membimbing beliau. Lalu beliau memberanikan diri untuk pamit kepada gurnya dan meminta doa.

Mencari Sang Wali Quthb

Dengan tekat yang kuat syaikh Abul Hasan Ali asy-Syadzily berangkat menuju kota kelahiran islam, Makkatul Mukarromah. Tujuan pertama beliau datang ke negeri pusat islam ini, adalah ingin mencari Wali al-Quthb yang akan dijadikan pembing-bing spiritual beliau. Namun berbulan-bulan beliau menetap disana, wali yang beliau cari tak kunjung ketemu. Sehingga pada akhirnya ada seorang ulama yang memberi tahu bahwa wali Quthb yang beliau cari berada ada di Iraq.

Sesampainya di Iraq, beliau bertanya dan mencari kesana-kesini, namun tak ada seorang pun yang tahu keberadaan sang wali di negri Iraq. Memang setelah wafanya Syaikh Abdul Qodir al-Jailani keberadaan wali disamarkan. Dan ketika syaikh Abul Hasan Ali asy-Syadzily sampai di Iraq Syaikh Abdul Qodir al-Jailani sudah wafat jauh sebelumnya. Selisih antara wafatnya Syaikh Abdul Qodir al-Jailani dan kelahirannya  syaikh Abul Hasan Ali asy-Syadzily terpaut 32 tahun.

Suatu ketika beliau mendengar ada ulama pemimpin toriqoh Rifaiyah yang bernama asy-syaikh as-Shodik Abul Fath al-Washiti ra.  Syaikh Abul Fath al-Washiti adalah orang yang sangat disegani dan memiliki pengikut yang sangat besar di Iraq. Segeralah  syaikh Abul Hasan Ali asy-Syadzily  menemui nya dan bertanya keberadaan wali al-Qutb. Mendengar penuturan beliau syaikh Abul Fath berkata Kau susah payah mencari wali quthb di iraq, padahal beliau berada di negrimu sendiri. pulanglah! dan temui beliau disana.”.

Pertemuan Dengan Wali al-Quthb

Ketika berada di Iraq, Syaikh Abul Hasan asy-Syadzily mendapat kabar dari  Abul Fath al-Washiti t. Bahwa orang yang dicari berada di negri asalnya, maroko. Maka pulanglah beliau dan untuk mencari wali yang akan menjadi gurunya itu. sesampainya di Maroko, beliau bertanya-tanya tentang keberadaan sang wali. Tak lama kemudian, beliau mengetahui sang wali berada di dalam gua di puncak gunung. Wali itu bernama Syaikh al-Wali al-Arif ash-Shiddiq al-Quthb al-Ghauts Abi Muhammad Abdus Salam bin Basyisy.

Ketika Syaikh Abul Hasan asy-Syadzily mendatanginya, beliau membersihkan dirinya di lereng gunung. Sebagai penghormatan pada sang wali Quthub. Seusai mandi, beliau merasa ilmu dan amal jatuh berguguran dan seakan lahir kembali menjadi orang faqir. Syahdan, Syaikh  Abi Muhammad Abdus Salam turun dari puncak gunung dan mengucapkan selamat datang kepada beliau. “ Marhaban ya Ali bin Abdullah bin Abdul Jabbar bin Tamim bin…….” Dan seterusnya  nasab beliau disebut sehingga sampai kepada Rosulullah e. Setelah itu, Syaikh  Abi Muhammad Abdus Salam berkata Ya Ali, kau datang kepada ku dalam keadaan faqir dari ilmu dan amal mu, maka kau akan mengambil dari ku kekayaan dunia dan akhirat.Dengan demikian, syaekh Abul Hasan asy-Syadlili percaya bahwa orang yang berada dihadapannya benar-benar orang yang dicarinya selama ini. Kemudain  beliau  tinggal dan berguru kepada Syaikh  Abi Muhammad Abdus Salam sampai mata hatinya dibuka. Selama tinggal bersama gurunya itu, beliau sering melihat Karomah (keajaiban) yang tidak bisa dijangkau oleh akal.

“Wahai, anakku, hanya puji syukut kehadirat Allah swt. Yang telah mempertemukan kita pada hari ini. Ketahuilah wahai anakku! Sesungguhnya sebelum engkau datang kesini, Rosullah saw,   Telah memberi tahu tentang dirimu dan bahwa kamu akan datang hari ini. Selain itu, aku juga mendapat tugas untuk membing-bing mu. Oleh karna itu, ketahuilah kedatnganku kesini memang untuk menyambutmu” kata Syaikh  Abi Muhammad Abdus.

Selama berguru kepada syekh Abdus salam al-Masyisy. Ali (nama kecil abu hasan asy-Syadzili) telah banyak menyerap hikmah dan lanutran-lanturan yang di sampaikan oleh gurunya pada beliau untuk selalu menjaga hati dan dekat kepada Allah

Namun yang terpenting dari apa yang beliau dapatkan dari sang guru, adalah beliau mendapat ijzah dan bayat suat thoriqoh dari Syaikh  Abi Muhammad Abdus yang silsilahnya sampai kepada baginda nabi dan berujung kepada Allah swt.

Seusai mendapat ijazah dan thoriqoh yang di berikan oleh sang guru, kian hari mata hati beliau kian terbuka. Beliau sering menemukan rahasia ilahi yang sebelumnya tidak pernah beliau ketahui. Bahkan beliau merasa semakin dalam menyelam dalam mukasyafah dan samudra hakikat makrifat kepad Allah swt. Kemudian hari, thorikoh ini beliau kembangkan dan disebar luasakan melalui murid-murid beliau. Beliau adalah orang pertama yang mengembangkan dan menyebarluaskan thoriqoh ini, sehingga orang-orang mengagngap bahwa beliau adalah pendiri dari thoriqoh ini. Oleh karna itu, toriqoh yang mulai berkembang di Indonesia ini di nisbatkan kepada nama beliau : Thoriqoh asy-Syadiliyah

Setelah itu, sang guru memetakan hidup yang akan beliau jalani selanjutnya. Guru pembing-bing nya ini, berkata “ Wahai. Ali, prgilah ke afrika dan tinggalah di suatu tempat yang  bernama Syadzilah. Karna Allah akan memberi nama asy-Syadili untuk mu. Setelah itu, pergilah ke kota Tunis, di kota itu engkau akan disakiti oleh pihak kerajaan. Lau pindah lah kenegri timur (Mesir), di negri itu engkau akn memperoleh Qutbaniyah (wali quthub).” Sebelum syaikh benar-benar pergi dan berpisan dengan guru tercinta, beliau meminta kepada gurunya agar memberi nasihat dan wasiat yang terakhir. Lalu  sang guru  berkata “ Wahai Ali,  takutlah kepada Allah dan berhati-hatilah terhadap manusia. sucikan lisanmu dari menyebut kejelekan mereka, sereta sucikanlah hatimu dari condong pada mereka. Jagalah anggotamu (dari maksiat) dan kerjakanlah kewajiban mu. Dengan demikian, Sungguh telah sampurna kewalianmu.”

Asal Usul Nama asy-Syadlili
        
    Sesuai dengan apa yang dipetakan oleh gurunya, syaikh Abul Hasan asy-Syadlili pergi menuju Afrika dan akan tinggal di sebuah tempat yang bernama Syadlilah (terletak di wilayah negeri tunisai). Disinilah beliau mulai dikenal oleh masyarakat luas sehinnga tak ayal jika kemudian hari nama beliau di nisbatkan kepad Syadilah ini.

            Namun ada cerita menarik tentang penisbatan asy-Syadili kepada beliau. Suatu hari beliau bertanya tentang penamaan beliau dengan asy-Syadlili. “ Ya tuhan , kenapa kau beri nama aku dengan asy-Syadili, padahal aku bukan orang Syadlilah?” kata beliau. Maka dikatakanlah. “ Ya Ali, aku tidak memberi nama kepadamu dengan asy-Syadlili tapi kamu adalah asy-Syadl-li dengan dibaca tasydidi dzalnya (jarang) ya’ni karna keistimewaanmu untuk menyatu mencintaiku dan berkhidmah kepada ku.”

            Sesampainya di syadilah, orang-orang menyambut beliau dengan hangat seakan beliau bukan orang asing bagi mereka. Entah siapa yang memberi tahu akan kedatngan beliau sehingga mereka berbuat seperti itu. Namun beliau tinggal di syadilah tidak terlalu lama. Belaiau langsung bergegas menuju sebuah bukit zaghwag di luar desa syadlilah dengan ditemani salah satu muridnya, Abu Muhammad Abdullah bin Salma Al-Habibi untuk menyempurnaka ibadah beliau.

Selama berada di bukit, banyak keajaiban yang disaksikan oleh Abu Muhammad Abdullah bin Salma Al-Habibi, murid asy-Syadili. Beliau melihat (dengan mata batin) bahwa malaikat mengerumuni syaikh abul Hasan asy-Syadlili bahkan sebagian dari malaikat itu ada yang berjalan dan berbincang dengannya. Begitu juga tak jarang al-Habibi melihat wali Allah baik sendirian atau bersama-sama yang datang kepada asy-Syadlili.

Setelah sekian tahun lamanya berada di Zaghwah, beliau mendapat perintah dari Allah swt. agar segera turun. Maka tibalah saatnya, beliau pergi ke kota tunis seperti yang di petakan oleh gurunya untuk menemui masyarakat.

Musibah Di Kota Tunis

Setibanya di kota Tunis, beliau tinggal disebuah masjid. Lambat laun banyak orang yang berdatangan kepad beliau tidak hanya masyarakat biasa, orang-orang alim, shaleh dan memiliki karomah  ikut  serta dalam  majlis beliau, diantaranya : asy-Syaikh Abul Hasan Ali bin Makhluf as-Syadlili, Abu Abdullah ash-Shobuni, Abu Muhammad Abdul Azizi Azzaituni, Abu Abdullah al-Bajj’I al-Khayyat dan Abi Abdullah al-Jarihi.

Kabar tentang keberadaan syaikh asy-saydilli dan banyak nya pengikut beliau terdengar oleh seorang ahli fiqih yang bernama Ibnul Barro’. Dia adalah seorang yang menjabat sebagai Qadi (hakim agama). Namun disisi lain dia memiliki sifat buruk. Memiliki rasa dengki kepad syaikh asy-saydilli disebabkan dia takut jabatan dan wibawanya akan hilang. Kemudian dia datang untuk mendebat beliau tapi tidak bisa. Setelah itu, Ibnul Barro’ mengadu yang bukan-bukan kepad sulthan Abu Zakaria. Dia bilang bahwa ada orang penggiring Himar dari Syadlilah yang mengaku orang mulya, banyak pengikutya dan membuat keonaran di kota tunis

Mendengar penuturan dari salah satu mentrinya, Abu Zakaria mengumpulkan para pakar fikih, ibnul barro’ pun hadir bersama mereka. Sedangkan sulthan Zakaria berada ditempat tertutup yang tidak bisa terlihat. Maka terjadilah perdebatan antara ahli fikih itu dengan syaikh asy-Syadili namun tak ada satu pun yang bisa menjawab pertanyan beliau. Maka tahulah sulthan Abu Zakaria bahwa beliau adalah seorang wali besar dan berkata kepada Ibnul Barro’ “ ini adalah seorang wali besar, kamu tidak akan bisa mengalahkannya. Konon, pada akhirnya ilmu yang dimiliki Ibnul Barrok lenyap tidak tersisa.

Suatu waktu, terbesitlah dihati Syaikh Abl Hasan asy-Syadlili untuk menunaikan haji. Maka beliau berseru kepad muridnya untuk sementara waktu hijrah ke negri sebelah timur. Sambil menunggu datangnya bulan haji, belaiu bersam santri-santri bersiap-siap untuk melakukan perjalanan jauh menuju mesir. Dalam perjalanan kemesir, tidak luput dari kejahatan Ibnul Barro’.  Dia bilang kepada pihak kerajaan mesir bahwa Syaikh Abl Hasan asy-Syadlili membuat kekacauan di kota tunis dan akan melakukan hal yang sama kepada negri mesir, sehingga sultan mesir mempermasalahkan kedatngan beliau namun pada akhirnya syaikh Syaikh Abl Hasan asy-Syadlili memaafakan sultan mesir itu.

Seusai haji, Syaikh Abl Hasan asy-Syadlili kembali ke negri tunis untuk kembli berdakwah. Beliau membangun sebuah zawiyah (pondok) sebagai bengkel ruhani yang semakin hari semakin diminati oleh para salik. Sejarah mencatat bahwa zawiyah yang pertama yang didirikan beliau di tunisa adalah pada tahun 625 H./1228 M. di kemudian hari banyak orang yang berdatngan kepada beliau baik dari negri tunisa sendiri atau yang dari luar.

Suatu ketika, Syaikh Abl Hasan asy-Syadlili bermimpi rosulullah. Waktu itu, rosulullah berkata “ Ya Ali, sudah saatnya engkau meninngalkan negri ini. Sekarang pergilah kenegri mesir. Dan ketahuilah, selam dalam perjalanan, Allah akan mengnugrahkan mu tujuh puluh karamah. Selain itu, kelak engkau akan mendidik empat puluh dari orang shiddiqin.”
Dengan demikian tibalah saatnya beliau menapaki perjalanan selanjutnya sebagaimana yang dipetakan sanguru. Jadi, bisa ditarik kesimpulan bahwa perjalanan beliau mulai dari  turunnya dari puncak gunung yang berada di padang barbathoh sampai tinggalnya beliau di negri tunis merupakan perintah dari sang guru.


Diangkat Menjadi Wali

            Setelah beberapa hari menetap di Negara Tunisia, Asy-Syekh Abu Hasan Asy-Syâdzili menunggu datangnya perintah yang ke tiga kalinya. Beliau lakukan penantian itu untuk menepati saran gurunya Asy-Syekh Abdus Salâm Al-Masyisy t yang menyuruh beliau untuk pergi kearah timur (Mesir).

            Dalam penantian itu, beliau bermimpi bertemu dengan Rasulullah r. Dalam mimpinya beliau berkata “ Ya.. Ali, sudah saatnya kamu meninggalkan negeri ini (Tunisia), sekarang pergilah engkau ke Negeri Mesir”. Lalu Rasulullah saw melanjutkannya “Dan ketahuilah wahai Ali. Selama perjalanan menuju mesir, Allah swt akan menganuggrahkan padamu tujuh puluh macan karomah. Selain itu di sana pula engkau akan mendidik 40 orang dari golongan shiddiqin”,

            Lalu, beliau pun berangkat menuju negeri Mesir sesuai dengan saran nabi. Setalah beberapa hari bersama rombongannya menuju arah timur dari Tunisia, tibalah beliau di negeri Mesir pada tanggal 15 Sya’ban (Nisfu Sya’ban). Di ceritakan, ketika beliau menginjak kakinya atas tanah Mesir, bersamaan dengan takdir Allah SWT, Allah mengutus malaikat maut untuk mengangkat ruh wali Quthub di Negara itu, yaitu wafatnya wali Quthub asy-syekh Hajjaj al-aqshory, yang lebih terkenal dengan sebutan Qhutuz zaman.

Dan saat itulah, Allah mengangkat derajat Asy-syekh Abu hasan asy-syadzili menjadi wali Quthub menggantikan asy-syekh Hajjaj al-aqshori t. Begitu juga mewakili beberapa wali saat itu.

Menyebarkan Panji-Panji Islam Di Mesir

            Setelah sampai di Negara Mesir, Beliau langgsung menuju kita Iskandariah (sekarang Alexsandrea). Kedatangan beliau di kota Iskandaria langsung di sambut hangat oleh sulta Mesir maupun penduduk setempat yang sudah mengenali beliau. Bukan hanya sultan dan penduduk setempat yang menyambut kedatangan beliau, tapi juga dari kalangan tokoh-tokoh masyarakat dan ulama-ulama besar di Negara itu.

Mereka semua, dengan wajah yang beseri-seri menjabat tangan beliau, seraya berkata “ Marhaban, ahlan wasahlan …!”. Pada saat itu perjumpaan masyarakat dengan asy-syekh abu hasan asy-syadzili tak ubahnya sebuah keluarga yang lama terpisah. Rasa riduh yang tertahan sekarang telah sampai padanya.

Karna rasa bahagia yang besar, sultan Mesir memberikan subuah tempat tinggal  pada asy-syekh, sebagai puji syukur pada allah atas kedatanga beliau ke Negara Mesir. Tempat tinggal yang di hadiakan kepada beliau bernama Buruj As-sur. Tempat tinggal yang berada di kota Iskandariah, sebuah kota yang terletak di pesisir laut tengah di Negara Mesir. Di komplek beliau tinggal, beliau di setai dengan masjid besar, dan belik-belik tempat murid-murid beliau untuk uzlah dan suluk.

Pada tahun 642 H/1244 M beliau membangun masjid dan merenovasi masjid dengan menambah menara-menara besar yang menjulang tinggi. Di masjid itu, oleh beliau di fungsikan sebagai tempat dakwa beliau dan tempat untuk selalu bermunajat pada Allah I, dan juga tempat beliau dan murid-muridnya menjalakan thoriqohnya.

Bukan hanya di pesisir laut tengah –Iskandariah- beliau taburkan dakwa dan thoriqohnya. Di kota kairo pun, tempat pusat kerajaan Mesir, beliau juga rutin mengajar, dan menyebarkan panji-panji islam dengan dakwah dan thoriqohnya kepada masyarakat awam di Mesir.

Pengajian yang berlangsung selama di Mesir dan jama’ah thoriqoh yang rutin di laksanakan, ternyata membuahkan hasil yang tidak menyia-nyiakan. Hari demi hari, pengajian yang yang hanya di ikuti sebagian dari penduduk Mesir, sudah mulai di banjiri masyarakat sedikit demi sedikit. Begitu juga tgoriqoh yang asalnya di ikuti oleh penduduk setempat, sudah mulai berdatangan dari berbagai penjuru dunia.

Begitu juga orang-orang termuka saat itu, juga ikut terhipnotis dengan aroma Hizib Bahar yang beliau bawah. Mereka semua mengagumi dengan apa yang di sampaikan oleh beliau, bahkan mereka meminta ke pada beliau untuk membaiatnya sekaligus menyatakan sebagai muridn beliau.


Penenang Rohani Dan Jasmani

            Kedatanga beliau di kota Iskandariah membuat aroma baru. Aroma yang selalu membuat orang menciumnya, ingin selalu mencicipi aroma itu. Sebagaima halnya juga beliau di tengah-tengah masyarakat saat itu. Mereka semua terbawa oleh dakwah dan thoriqoh beliau. Sebab dakwah-dakwa beliau dan bacaan-bacaan yang di bawah beliau  membuat orang selalu dekat pada tuhannya. Sebab dengan selalu mengingat Allah I membuat rohani dan jasmani selalu tenang.  

Ketika beliau sudah mulai terkanal dan kekeramatan beliau mulai tampat, masyarat dari penjuru dunia pergi ke Mesir, hanya untuk mendengarkan dakwah-dakwah beliau dan mengikuti thoriqoh yang beliau bawah untuk dekat pada Allah I.  Begitu juga Zawiyah (bilik-bilik tempat murid-muridnya uzlah dan suluk) kian hari semakin bertambah banyak. Banyak masyarakat yang pergi ke beliau hanya untuk menyantri ke pada beliau. Masjid yang saat, hanya di isi dengan sebagian penduduk, sudah mulai membanjiri sampai ke luar masjid.

Thoqriqoh yang beliau bawah langsung di ijazahkan oleh gurunya asy-syekh abbdus salam al-masyisy al-mahgriby. Thoriqoh yang di bawah beliau cenderung syukur, ikhlas, tawkkal, dan sabar. Sehinggi orang yang membaca Hizib Bahar (thoriqoh yang beliau bawa) merasa dekat pada Allah I.

Pantang Mundur

            Telah di sebutkan didepan bahwa asy-syekh abu hasan asy-syadzili telah memperjuangkan agamanya dengan dekwah-dakwanya, dan thoriqoh yng beliau bawah. Kesemangatan beliau dalam mengibarkan syariat-syariat Allah I, bagaikan air sungai yang selalu mengalir. Juga kesemangan beliau lakukan hanya semata mencari ridho Allah I tampa mencari imbalan dari orang lain.

            Di kisahkan, ketika raja prancis LOUIS IX yang memimpin tentara salib, bermaksud hendak membasmi kaum muslimi sekaligus menumbangkan ajaran di muka bumi dan menaklukkan seluruh jazirah arab , maka asy-syekh yang saat itu berusia 60 tahun lebih, dan dalam keadaan yang sudah hilang penglihatannya, tidak ketinggalan berjuang bersama pejuang lainnya. Selain asy-syekh abu hasan, tidak seditik dari ulama termuka saat itu yang ikut membantu perjuangan beliau, di antaranya ; al-imam Syekh izuddin bin abbdus salam, syekh Majduddin bin Taqiyuddin Ali bin Wahab al-Qusyairi, dan syeikh Majduddin al-ikhmimi.

Beliau dan para pejuang yang lain, di waktu siang hari berpeluh bahkan berdarah-darah di medan peperangan. Tapi meski keadaan mereka dalam kondisi bahaya, tidak membuat mereka putus asa. Terbukti, ketika menjelang larut malam setela peperangan usai, para Mujahidin berkumpul di kemahnya dan bermunajat pada Allah I. Di sertai dengan doa-doa dan istighosan, agar kaum muslimin memperoleh kemenangan.

Kemenagan pun, di peroleh oleh kaum muslin pada bulan Dzul Hijjah tahun 655 H/1257 M. kemengan ini, tak lepas dari perjuangan beliau dan para Mujahidin yang lain dengan meminta pada Allah I. Raja LOUIS IX dan para panglimanya serta bala tentaranya berhasil di tanggakap dan di tahan.

Sebelum kemenanagn di tangan kamu islam, beliau (asy-syeik abu hasan), bermimpi melihat Rasulullah r. Dalam mimpinya Rasulullah r berpesa pada beliau supaya memperigati sultan agar tidak menganggkat pemimpin yang dzolim, dan juga Rasulullah r menyampaikan bahwa kemenangan ada di pihak orang islam. Dan syekih abu hasan mengabarkannya pada seperjuangannya, dan ternyata, setelah pejabat-pejabat di ganti, maka kemenanganpun berada di tangan kaum muslimin.

Isyaroh kepergiannya

            Hari demi hari yng beliau tempuh dengan berdakwah dan menyiarkan thoriqohnya, membuat umur beliau bertambah. Ajal pun siap menghampirinya kapan pun allah berkehendak. Kesadaran ini, membuat hati beliau ingin berkunjung ke mekkah untuk melaksanakan ibadah haji. Saat itu juga, hati beliau dengan  di sertai keinginan yang kuat beliau mengajak keluargan serta kerabatnya, dan murid-muridnya untuk menjalankan rukun islam yang kelima. 

Sebelum keberangkatan belliau, beliau sudah merasa bahwa dirinya akan di panggil oleh sang maha kuasa. Perasaan itu beliau ungkapkan dengan isyaroh. Yaitu ketika rombongan belaiau hendak beranggkat beliau memerintah mereka untuk membawa peralatan alat menggali. Meski perintah beliau membuat para rombongan merasa aneh, mereka tetap memenui perentah beliau. Pada saat itu ada salah satu rombongan menyakan perihan tentang itu. Beliau menjawab “ Ya. Siapa tau di antara kita ada yang meniggal di tengah perjalan “.

Wasiat – Wasiat Sang Imam

            Tepat pada hari yang telah di tentukan rombongan beliau mulai berangkat menuju mekkah mukarromah. Di tengah perjalannya beliau dan rombongannya berhenti sejenak untuk menghilangkan kelelahannya. Tepat di kota “ Idzaab”, suatu gurun yang di tepi pantai laut merah kota Khumaistaroh, beliau dan para rombonagnya beristirahat sesuai dengan aba-aba beliau.

Dalam istirahatnya, beliau memberi wasiat pada keluarga, kerabat, dan murid-muridnya. Salah satu wasiatnya, beliau berkata “ Wahai. Anak – anakku perintahlah putra-putra mu untuk menghafal HIZIBH BAHAR. Karena, ketahuilah bahwa di dalamnya mengandung Ismula’dhom “.

Beliau juga berwasiat pada murid-muridnya bahwa ketika Syekh abu hasan meninggal yang menggantikan sebagai mursyid adalah Abdul abbas al-Marsy. Tercatat dalam sejarah bahwa Syekh Abdul abbas al-Marsy adalah salah satu dari murid syekh abu hasan asy-syadzili yang menduduki Maqom tertinggi di thoriqoh asy-Syadzili dari pada yang lain.

Detik Kewafatannya

            Setelah beliau memberi Tausiyah (sebagai tanda wasiat beliau), dan pesan-pesan terakhir pada mereka, beliau langsung melanjutkannya dengan mengerjakan sholat Isya’. Beliau sholat dengan penuh khusyuk dan anteng (Bhs.jawa). sampai setelah beliau melaksanakan sholat isya’ beliau sambung dengan mengerjakan sholat-sholat sunnah.

Tak lama kemudian, setelah mengerjakan sholat isya’ dan sholat sunnah lalu beliau berbaring dan menghadapkan wajahnya beliau kepada Allah (tawjjuh). Seraya berdzikir, sehingga kadang-kadang mengeluarkan suara yang nyaring, sampai-sampai terdengar oleh para muridnya dan sahabat-sahabat belaiu.

Pada malam itu, setelah beliau mengerjakan ibadahnya beliau tampa henti-hentinya memanggil nama-nama tuhannya dengan mengucapkan “ Ilahi….. Ilahi…..” (Wahai tuhan ku. Wahai tuhan ku). Dan kadang beliau melanjutkannya dengan mengucapkkan, “ Allahummah matâ yakuunul liqo’ ?” (Ya.. Allah. Kapan kiranya hamba bias bertemu).

Ketika waktu sudah sampai di penghujung malam, yaitu mejelang terbitnya fajar shodiq, suasana terasa sunyi. Dzikir yang beliau ucapkan sudah tidak lagi terdengar. Syekh abu hasan yang berada di dalam tenda tidak mengeluarkan suara satu pun, membuat putranya asy-Syekh Abu Abdullah Muhammad Syarafuddin merasa tidak nyaman. Lalu Syekh Syarafuddin pergi  ke hujron (kamar) beliau untuk  meliahat keadaaan sang Qhutbi. Setelah mendapatinya beliau menggerak-gerakkan tubuh Syekh dengan rasa halus, sedikit terkejut dan tersenak, beliau mendapat ayah handanya Asy-Syekh Abu Hasan Asy-Syadzili telah di panggil oleh Allah dan pulang ke rohmatullah. Inna Lillahi Wainna Ilaihi Rojiun. Asy-Syekh Al-Imam Quthbi yang di angkat oleh Allah sebagai Wali Quthub telah di panggil ke rohmatullah ketika beliau berusia 63 tahun, sama dengan usianya Rasulullah saw.

Makam Yang Penuh Dengan Berkah

            Kepergian Asy-Syekh membuat keluarga serta sahabat dan murid beliau merasa kehilangan. Air mata yang mengalir tampa terasa telah membasahi pipi mereka. Rasa sabar mereka pegang sesuai dengan anjuran Asy-Syekh untuk selalu sabar menghadapi musibah. Semua rombongan saat itu berkumpul untuk memandikannya dan menkafaninya.

Tepat saat pagi itu telah teba, jasab yang suci segera di mandikan dan dikafani oleh keluarga dan murid-murid beliau. Sedang ketika matahari mulai tinggi, semakin banyak pula masyarakat, para ulamak, siddiqin, dan auliya’ullah berduyun-duyun datang untuk berta’ziyah dan turut serta dalam mensholati janazah beliau.

Termasuk di antara adalah Qodinya para Qodi Mesir, Asy-Syekh al-Waly Bahruddin bin Jamaah. Hadir pula di antara mereka pangeran dan pejabat kerajaan Mesir. Kehadiran meraka semua, tiada lain adalah untuk menghormati kepergian al-Imam al-Quthbi menuju Rohmatullah.

Setelah jasad beliau di kebumikan, banyak para pengunjung datang ke makan belliau untuk mengharap berkah dari beliau. Sampai saat ini makan beliau sangat ramai diziaroin oleh kaum muslim dari berbagai penjuru dunia.   

Kekeramatan Beliau

            Di kisahkan, pada waktu asy-Syekh abul hasan sedang sakit, tepat antara waktu magrib dan isya’, beliau berkehendak untuk berwudhu’. Kemudian beliau memanggil putranya asy-Syekh Muhammad Syarafuddin, “ Hai Muhammad, tempat itu (sambil menunjuk ke sebuah timbah) agar engkau isi dengan sumur itu ”. Diluar tenda itu memang ada sumur di mana para kobilah mengambil air sumur itu, ketika melintas di daerah itu.  Air sumur itu rasanya asin karena tempatnya memang tidak terlalu jauh dari tepi laut atau pantai.

            Mengetahui bahwah air sumur itu asin, asy-Syekh Syrafauddin memberanikan diri untuk matur (Bhs jawa) ke pada sang Quthbi, “ Wahai Guru. Air itu asin, sedangkan hamba baw adalah air tawar ’’. lalu air itu di tawarkan kepada sang Guru, air tawar yang di siapkan kepada beliau, guna bekal beliau di jalan . lalu Syekh berkata “Iya aku mengerti, tapi ambilllah air sumur itu. Apa yang aku inginkan tidak seperti yang ada dalam pikiran kalian “.

            Lalu diambilkanlah air sumur itu, sebagaimana perintah beliau. Setelah air itu gunakan berwudhu’ dan di buat berkumur oleh beliau, lalu beliau mengeluarkannya kembali ke wadah itu. Beliau memerintakkan untuk membuag air bekas beliau ke dalam sumur yang asin. Sejak itulah, dengan izin dan ridho Allah yang maha kuasa, air sumur yang asin seketika itu menjadi tawar dan sumbernya pun semakin besar.

Hasiat Hizib Bahar

            Salah satu dari karangan al-Imam al-Quthbi asy-Syekh Abul Hasan Ali asy-Syadzili adalah bacaan yang sering di baca di beberapa daerah khususnya di kalangan ulama’ dan para santri yang menetap di pondok pesantren. Yaitu adalah  Hizib Bahar. Secara haqiqah sebagai mana yang di jelaskan oleh asy-Syekh Ahmad bin Muhammad asy-Syafi’I dalam kitabnya, bahwa Hizib adalah wiridan (doa-doa) yang di lakuaksn untuk mendekatkan diri ke pada Allah. Secara global Hizib adalah kumpulan dari dzikir, doa, dan taujihat.s

            Di antara hasiat yang terkandung dalam Hizib bahar adalah ;
1.     Selamat dari kecelakaan (baik di darat atau pun di lautan)
2.     Di bebaskan dari kerepotan dan di kasih kejambaran oleh Allah
3.     Di tolong dari musuh-musuhnya
4.     Selamat dari orang yang berbuat dzolim
5.     Di kasik ketenangan hati dan di jauhkan dari segala kesusahan
6.     Mendatangkan rizki dan menolak balak

            Asy-syekh Abdurrohman al-Busthomy bercerita tentang keistimewaan hizib bahar, Bahwa hizib bahar telah tersebar beberapa di masjid, mushollah, dan tempa-tempat dzikir lainnya. Para ulama berkata tentang rahasia ismul a’dhom dan sirrul jamil akbar (Hizib Bahar) yang datangnya dari

Quthbi asy-Syekh Abul Hasan Ali asy-Syadzili, bahwa beliau berkata “Barang siapa yang membaca hizib ku (Hizib Bahar) di Baghdad niscaya (ummat islam) akan selamat (dari kekejihan bangsa Mongol) dan dalam keadaan Afiah. Dan barang siapa yang membaca Hizib Bahar ketika terbitnya matahari, maka Allah akan mengabulkan doanya, menghilangkan kerepotannya, mengangkat derajatnya dan mengisi hatinya dengan tauhid, juga Allah akan memudahkan perkaranya dan menggampangkan  urusannya. Dan barang siapa yang membacanya setelah sholat maka allah akan memperkaya aklaqnya dan aman dari perkara (jeleknya) zaman . Dan barang siapa membacanya di perahu ketika  angin kencang maka dengan izin allah angin itu akan hilang. Dan barang siapa menulisnya (hizib bahar) di pagar desa atau rumahnya maka allah akan menjaga tempat itu dari kejelekan yang datang  padanya. Dan barang siapa yang isthiqomah membacanya, niscaya, orang itu tidak akan mati dalam keadaa,tenggelam, terbakar, dan tersmbar petir “

Asal mula di buatnya Hizib Bahar oleh Syekh Abul Hasan asy-Syadzilyah adalah bahwa suatu hari beliau bersama orang Nasrani pergi menunaikan ibadah Haji melewati jalur laut yaitu di laut Qulzum (Sekarang Laut Merah). Tiba-tiba ada angin datang menyambarnya. Lalu beliau abul hasan meliat Rasulullah di Mabsaroh (nama Daerah) dan Rasulullah menuntun beliau (membaca Hizib Bahar), lalu beliau membacanya.  

Baca juga:


 Setelah kejadian itu, beliau memerintah si Nasrani untuk melanjutkan perjalanannya, si Nasrani berkata “ Kemana angin itu “. Beliau menjawabnya “ Lakukanlah, sesungguhnya rasulullah sekarang datang pada kamu “. Maka oleh si Nasrani perintah beliau di lakukan sesuai perkataan beliau.

Lalu, sebab kejadian tadi perahu yang di naiki oleh abul hasan dan si Nasrani itu selamat dari terjangan angina tadi 

Hizib-Hizib Karangan Abul Hasan asy-Syadzili

Di antara hizib-hizib yang beliau karang dan di ajarkan kepada murid-murid Thoriqohnya di antaranya adalah : Hizib Bahar, Hizib Kabir, Hizib al-âyât, Hizub Fatih, Hizib Nur, Hizib lathif, Hizib Ikhfâ’, Hizib thoms, Hizib Nashor, Hizib Birru, Hizib Kifâyah, Hizib Syakwâ, Hizib al-Fallâh, Hizib ad-Dâiron.

            Dan masih banyak lagi karangn Hizib-hizib dan doa-doa karangan beliau yang sudah tersebar di tanah air ini khususnya di dalam Thoriqoh Asy-Syadziliyah.

Silsilah Thoriqoh Asy-Syadziliyah

            Beliau mendapat ijazah dan baiat suatu thoriqoh dari Syaikh  Abi Muhammad Abdussalam wali Quthub saat itu yang silsilahnya sampai kepada baginda nabi dan berujung kepada Allah swt. Sedangkan urutan silsilah sebagai berikut.

 Baca juga:

Syaikh Abl Hasan Ali asy-Syadzili mendapat bay’at dari
1.     Asy-Syaikh al-Quthb asy-Syarif Abu Muhammad Abdussalam bin Masyisy, beliau menerima bay’at dari
2.     Al-Quthb asy-Syarif Abdurrohman al-Aththor  az-Zayyati al-Hasani al-Madani, dari
3.     Qutbu-Auliya’ Taqiyuddin al-Fuqoyr ash-Shufy, dari
4.     Sayyidis Syaikh al-Quthb Fakhruddin, dari
5.     Sayyidis Syaikh al-Quthb Nuruddin Abil Hasan Ali, dari
6.     Sayyidis Syaikh Muhammad Tajuddin, dari
7.     Sayyidis Syaikh Muhammad Syamsuddin dari
8.     Sayyidis Syaikh al-Quthb Zainuddin al-Qozwiny, dari
9.     Sayyidis Syaikh al-Quthb Abi Ishak Ibrohim al-Bashri, dari
10.  Sayyidis Syaikh al-Quthb Abil-Qosim Ahmad al-Marwani, dari
11.  Sayyidis Syaikh Abu Muhammad Said, dari
12.  Sayyidis Syaikh sa’ad dari
13.  Sayyidis Syaikh al-Quthb Abu Muhmmad as-Su’udi, dari
14.  Sayyidis Syaikh al-Quthb Abu Muhammad Said al-Ghozwani, dari
15.  Sayyidis Syaikh al-Quthb Abu Muhammad  Jabir, dari
16.  Sayyidis Syaikh Syarif Hasan bin Ali, dari
17.  Sayyidina Ali  bin Abi Tholib, dari
18.  Sayyidina wa Habibina wa Syafi’ina wa Maulana Muhammad swa. Dari
19.  Sayyidina Jibril as. dari
20.  Robbil-Izzat Allah Robbal Alamin

Hizib Bahar
   





*Tulisan ini diambil dari Buletin Istibat yang dikeluarkan oleh Kuliyah Syariah Pondok Pesantren Sidogiri.

Ad. Saifuddin Syadiri, Azmi Arroisiy Ar./Istinbat
           

           
Refrensi

Ahmad bin Muhammad bin Iyad, Al-mafâkhir Al-A’liyah Fil Ma’stari Asy-Syadziliyah, Al-Haromain Jawa Indonesia, tampa tahun.

HM. Towwib Fawwas Muslim,S.Pdi, Manaqib Imam Abul Hasan Asy-Syadziliyah Pendiri Tarekat Syadziliyah Dan Shohibul Hizb Al-Bahar, PP. Syaichona Moh. Cholil, Cetakan Pertama 2011.

Rosyiduddin Abi Muhammad Abdul Karim, Lathâif al-Manan, Majallatul Kitab asy-Sa’bi, tampa tahun.

Mahmud Abul-Faidh, Jauharotul auliya’ wa a’lâmu ahlit-tasawwufi, Al-muassasah al-Halbyi lil-nasyri wal-tauzi’, tampa tahun.

Post a Comment

Tinggalkan komentar anda....!

Previous Post Next Post