5 Hal Ini akan Kamu Peroleh Jika Kamu Berbakti kepada Orang Tua




Orang yang paling berkorban dalam hidup kita adalah orang tua. Mereka yang mati-matian memperjuangkan hidup kita. Mulai saat kita ada dalam kandungan, lahir, bayi, hingga dewasa.

Mereka berusaha keras memenuhi kebutuhan kita. Mereka banting tulang untuk memberi keinginan kita. Hal itu mereka lakukan tanpa menginginkan imbalan apa-apa. Mereka hanya ingin, kelak kita menjadi orang berguna dan sukses dunia sampai akhirat.

Tak mengherankan jika Allah mewajibkan agar kita berbakti kepada mereka dan melarang keras menyakiti mereka. Berkata “Ah” saja kepada orang tua tidak boleh. Apa lagi sampai membentak.
Nah, beberapa hal berikut ini akan kamu proleh jika kamu berbuat baik dan berbakti kepada orang tua.

1     1.  Panjang umur dan lancar rezekinya

“Barangsiapa yang ingin Allah panjangkan umurnya dan bertambah rezekinya, maka bebuat baiklah kepada kedua orang tua dan bersilaturrahmilah” (HR. Imam Baihqi)

Jadi, jika kita berbakti kepada orang tua, umur kita akan lebih panjang. Rezeki kita juga akan lebih lancar.

Umur panjang dan tambahnya rezeki dalam hadis di atas tak harus berbentuk angka-angka atau materi. Bisa juga bernentuk keberkahan hidup. Misalnya, hidup kita nyaman, tentram, dan taat di jalan Allah.

2     2.    Rida Allah ada dalam rida orang tua, murka Allah ada dalam murka orang tua

“Rida Tuhan ada pada rida orang tua. Murka Tuhan ada pada murka orang tua.” (HR. Imam Turmudzi)

Hal terpenting yang harus kita dapat dari orang tua adalah rida mereka. Karena jika mereka rida kepada kita, Allah akan rida kepada kita. Sebaliknya, jika mereka marah kepada kita, Allah juga marah kepada kita.

        3. Balasan untuk orang yang berbakti kepada orang tuanya adalah Surga

Ingin masuk surga ? Berbaktilah kepada orang tua. Berbakti kepada orang tua bisa mengantarkan kita kepada rumah kenikmatan abadi: Surga.

Diceritakan dalam hadis yang dirwayatkan Imam Hakim. Dalam hadis itu dicertikan Rasulullah pernah bermimpi ada dalam surga. Lalu Rasulullah mendengar suara Harisah bin Nu’man.

Lalu Rasulullah mengatakan kepada para sahabat, Harisah bin Nu’man mendapatkan hal itu karena perbuatan baik. Dan ternyata, Harsah adalah termasuk orang yang begitu baik kepada ibunya.
Begini arti hadis lengkapnya:

Rasulullah bercerita, “Suatu ketika saya tidur dan bermipi berada di Surga. Lalu saya mendengar suara seseorang sedang membaca. Saya bertanya, “Siapa dia ?”. Penduduk surga menjawab, “Dia adalah Haritsah bin Nu’man”. Kemudian Rasulullah bersabda, “Begitulah balasan kebaikan”. Haritsah bin Nukman termasuk orang yang baik kepada ibunya.

4     4. Salah satu doa yang akan terkabul adalah doa orang tua untuk anaknya

“Tiga doa yang tidak diragukan lagi akan dikabulkan; doa orang yang terdzolimi, doa orang yang sedang perjalanan, dan doa orang tua untuk anaknya” (HR. Imam Abu Daud dan Imam Turmudzi)

Doa orang tua untuk anaknya adalah salah satu doa yang akan Allah kabulkan. Sama seperti doa para nabi untuk umatnya. Pasti Allah kabulkan.

Kita semua yakin, orang tua pasti mendoakan yang terbaik untuk anaknya. Tapi, orang tua juga manusia. Bisa saja ketika disakiti, tanpa sengaja keluar doa tidak baik dari mereka. Dan itu akan dikabulkan.

Maka berbatki dan perbuatan baik adalah cara agar kita mendapat doa terbaik dari orang tua kepada kita. Sehingga kita menjadi yang terbaik.

5   5. Jika kita berbakti kepada orang tua, anak kita akan berbakti kepada kita

Ternyata ada semisal karma dalam hubungan kita dengan orang tua. Jika kita baik kepada orang tua, maka anak kita juga akan baik kepada kita. Jika kita jahat kepada orang tua, anak kita akan jahat kepada kita.

Rasulullah bersabda dalam sebuah penggalan hadis, “Berbuat baiklah kelian terhadap ayah-ayah (orang tua) kalian, maka anak kalian akan berbuat baik kepada kalian.” (HR. Imam Al-Hakim)

Itulah beberapa hal yang akan diperoleh oleh orang-orang yang berbakti kepada orang tuanya. Semoga kita termasuk orang yang berbakti kepada orang tua. Amin !

Foto :  https://unsplash.com/photos/J3Xjyg5m8kY


Post a Comment

Tinggalkan komentar anda....!

Previous Post Next Post