Waw, Inilah 5 Keutamaan Mengucapkan Kalimat Tauhid



Baru-baru ini kita digegerkan dengan pembakaran bendera bertuliskan kalimat “La Ilaha Illah” oleh oknom sebuah organisasi kepemudaan. Kejadian itu viral di media sosial. Para netizen mengecam karena dianggap melecehkan Kalimat Tauhid.

Pihak yang membakar mengklarifikasi, aksi pembakaran itu bukan untuk menghinakan Kalimat Tuhid. Pembakaran itu hanya ingin memusnahkan bendera ormas terlarang di Indonesia. Ada pula yang mengatakan untuk menjaga kalimat mulia itu agar tidak diinjak-injak.

Dari pada kita berdebat dan saling membenarkan diri, yuk kita tengok keutamaan-keutamaan kalimat “La Ilaha Illah”. Agar kita bisa semangat untuk istikamah membacanya dan menancapkan maknanya dalam hati.


Berikut ini 5 keutamaan yang akan kita dapatkan jika kita mengucapkan kalimat yang disebut Kalimat Tauhid ini.

1     1. Menjadi orang paling bahagia kelak di hari kiamat

Rasulullah ditanya, “Wahai Rasulullah, siapakah orang yang paling bahagia sebab mendapat  syafaatmu di Hari Kiamat?” Rasulullah menjawab sambil memuji Abu Hurairah, “Sungguh saya sudah mengira wahai Abu Hurairah, tidak akan ada seorang pun yang bertanya tentang hadis ini yang lebih dulu darimu, karena saya melihat engkau begitu semangat mencari hadis. Paling bahagianya manusia karena syafaatku pada hari kiamat adalah orang yang mengucapkan “La Ilaha Illallah” murni dari hatinya.” (HR. Imam Bukhari)

Jadi, orang yang membaca “La Ilaha Illallah” dengan tulus dari hati dan benar-benar mengakui bahwa tiada Tuhan selain Allah, kelak dia akan menjadi orang yang paling bahagia.

2      2. La Ilaha Illallah adalah paling utamanya dzikir

“Paling utamnya dizkir adalah “La Ilaha Illallah.” (HR. Imam Bukhari)

Dzikir “La Ilaha Illallah” adalah paling utamanya dizikir. Karena kalimat ini adalah dasar dari dzikir-dzikir yang lain. Orang berdzikir itu karena mengakui bahwa Tuhannya hanya Allah. Hal ini terkandung dalam Kalimat Tauhid tersebut.

3     3. Lebih berat dari langit, bumi, dan isinya

Rasulullah bercerita bahwa Nabi Musa berkata, “Wahai Tuhan, ajari aku sesuatu yang bisa saya buat berdizikir kepadamu atau berdoa kepadamu.”

Allah berfirman,”Katakanlah “La Ilaha Illallah!””

Nabi Musa berkata lagi,”La Ilaha Illa Anta Ya Rab (Tidak ada tuhan selain Engkau Tuhan), tapi aku ingin yang khusus untukku.”

Allah berkata,”Wahai Musa, andaikan langit dan isinya selain aku, serta bumi yang tujuh diletakkan di sebuah sisi timbangan lalu “La Ilaha Illallah” diletakkan di sisi yang lain, niscaya kalimat “La Ilaha Illallah” akan menang”. (HR. Imam Hakim)

Jika langit, bumi, serta isinya (yang selain Allah) ditimbang dan lawannya adalah kalimat “La Ilaha Illallah”, maka “La Ilaha Illallah” pasti menang.

4      4.  Orang yang meninggal setelah membaca “La Ilaha Illallah” akan masuk Surga

“Tidak seorang hamba pun yang mengucapkan “La Ilaha Illallah” kemudian meninggal atas itu kecuali akan masuk Surga.” (HR. Imam Baihaqi)

Sering kan kita menghadiri orang yang akan meninggal. Kiai dan ustadz biasanya membisikkan Kalimat Tauhid di telinganya. Tujuannya agar si calon mayit meninggal dan Kalimat Tauhid menjadi kata-kata terakhirnya. Kalimat itu akan menjaminnya untuk masuk Surga.

5    5.  Akan dikeluarkan dari neraka

“Akan keluar dari neraka orang yang mengucapkan “La Ilaha Illallah” dan di hatinya ada seberat Syair (gandum) dari kebaikan dan akan keluar dari neraka orang yang mengucapkan “La Ilaha Illallah” dan dihatinya ada seberat Burroh (sebuah biji yang lebih kecil dari Syair) dari kebaikan dan akan keluar dari neraka orang yang mengucapkan “La Ilaha Illallah” dan di hatinya ada seberat Dzarrah (sesuatu yang terkecil) dari kebaikan.” (HR. Imam Bukhari)

Jadi, orang yang beriman kepada Allah dan Rasulnya lalu memngucapkan Kalimat Tauhid, serta memiliki kebaikan dalam hatinya walaupun sedikit, dia kelak akan dijauhkan dari api neraka.
Itulah 5 keutamaan yang akan kita peroleh jika kita mengucapkan Kalimat Tauhid. Semoga kita istikamah baca ya!


Post a Comment

Tinggalkan komentar anda....!

Previous Post Next Post