Biografi Syaikh Qadi Abi Syuja’: Pengarang Kitab Taqrib


Kitab Taqrib adalah kitab yang sangat familiar di kalangan pesantren. Santri bisa dipastikan belajar kitab kuning mungil ini. Sebab, hampir seluruh pondok pesantren menggunakan kitab ini sebagai materi pembelajaran, khususnya bagi santri pemula.

Kitab ini dikarang oleh seorang ulama yang bernama Imam Al-Qadi Abi Syuja’. Beliau salah satu ulama yang aktif di pemerintahan dan menebar keadilan.


Nama dan Riwayat Lahir

Beliau dikenal dengan Qadi Abi Syua’. Nama lengkap beliau adalah al-Qadi Syihabul Millah Wad-din Abu at-Thayyib Wa Abu Syuja’ Ahmad bin Husain (ada yang mengatakan Hasan) bin Ahmad al-Ashfiahani al-‘Abbadani as-Syafi’i.


Beliau dilahirkan di Bashrah pada tahun 433 H atau pada tahun 1041 M. Menurut Syaikh Yaqut al-Hamawi dalam kitab Mu’jam al-Buldan, Syaikh Qadi Abi Syuja’ lahir pada tahun 434 H.

Menurut Syaikh Ibrahim bin Muhammad al-Bajuri, beliau termasuk orang yang alim, shaleh, dan rajin beribadah. Beliau juga terkenal ke penjuru dunia dengan kealimannya dan keagamaannya.

Syaikh Qadi Abi Syuja’ pengarang kitab Taqrib ini menduduki pemerintahan setingkat mentri pada tahun 447 H. Jika kita hitung dari tahun lahir beliau, maka pada waktu itu beliau berumur sekitar 14 tahun. (Mungkin perlu dikaji lagi dalam masalah ini).

Ibadah Syaikh Qadi Abi Syuja’

Diceritakan, Syaikh Qadi Abi Syuja’ tidak keluar rumah kecuali shalat sunnah terlebih dahulu. Lalu membaca beberapa ayat Al-Quran. Dalam memperjuangkan kebenaran beliau tidak menghiraukan cacian dan hinaan.

Syaikh Abi Syuja’ memiliki 10 petugas untuk memberikan zakat dan hibahnya kepada masyarakat luas. Setiap satu orang bertugas memberikan uang sebesar 120.000 dinar.

Karenanya, banyak masyarakat yang merasakan kedermawanannya, seperti orang-orang saleh dan ulama. Sedangkan beliau sendiri adalah orang yang zuhud.

Mengajar dan Mengabdi

Syaikh Qadi Abi Syuja’ mengajar di Bashrah lebih dari 40 tahun. Beliau mengajar madzhabnya Imam Syafi’i.

Setelah itu, beliau pindah ke Madinah. Di tempat hijrahnya Rasulullah itu, beliau tidak mengajar. Kegiatan beliau sehari-hari menyapu masjid, menghampar tikar, dan menyalakan lampu-lampu masjid.

Pada suatu hari, salah satu petugas yang merawat maqbarahnya baginda Nabi Muhammad saw. meninggal dunia. Maka dengan senang hati beliau menggatikan posisi petugas itu. Hal ini beliau lakoni sampai meninggal dunia.

Beliau dikabumikan di masjid area Babu Jibril (Pintu Jibril). Di situlah dahulu Jibril mendatangi Rasulullah saw.. Syaikh Qadi Abi Syuja’ wafat pada tahun 593 H bertepatan dengan tahun 1197 M.

Menjaga Anggota Tubuh dari Maksiat

Syaikh Qadi Abi Syuja’ memiliki umur panjang. Umur beliau 160 tahun. Akan tetapi, tubuh pengarang kitab Taqrib ini sehat wal afiat. Tidak ada satu pun anggota tubuh beliau yang berkurang fungsinya. Ketika ditanya tentang hal itu, beliau menjawab,

“Aku tak pernah bermaksiat dengan anggota tubuhku. Maka ketika aku menjaganya saat muda, Allah menjaganya pula saat tua.”

Kitab Taqrib, Kitab yang Lahir dari Hati Ikhlas

Syaikh Qadi Abi Syuja’ tidak memiliki banyak karya. Kitab beliau yang tercatat hanya satu, yaitu Kitab Taqrib, matan dari kitab Fathul Qarib itu. Kitab Taqrib juga memiliki nama lain, yaitu Ghayah Al-Ikhtishar.

Baca juga: Tafsir Surat Al-'Ashr: Belajar pada Waktu

Kitab Taqrib ini termasuk kitab paling bagus dalam membahas poin-poin kitab fikih madzhab Syafi’i. Kitab ini dijadikan rujukan utama bagi santri yang belajar ilmu fikih. Kitab Taqrib juga disyarahi oleh banyak ulama.

Imam as-Syirbini menulis dalam kitabnya, Al-Iqna’, kefenomenalan kitab Taqrib tidak terlepas dari keikhalasan pengarangnya. Kata beliau:

Baca juga: Secarik Biografi Imam Nawawi

“Allah Allah telah mengetahui keikhlasan pengarangnya. Maka luaslah menfaat kitab Taqrib. Sugguh jika ada santri ingin belajar, maka mereka membaca kitab itu. Baik dengan dipelajari atau dihafalkan.”

Selain itu, dengan banyaknya ulama-ulama besar yang men-syarahi (mengarang kitab yang mengulas dan menjelaskan lebih luas kitab Taqrib) adalah bukti kehebatan dan keihlasan pengarang kitab Taqrib.

Semoga kita mendapatkan berkah Syaikh Qadi Abi Syuja’ Pengarang Kitab Taqrib ini... Amin.
*Disarikan dari muqaddimah Fathul Qarib cetakan Dar Ibnu Hazem.

 Baca juga: Demi Islam, Abu Ubaidah bin Jaraah Bunuh Ayah Sendiri


Post a Comment

Tinggalkan komentar anda....!

Previous Post Next Post