Secarik Biografi Imam Nawawi


Beliau adalah Yahya bin Syaraf bin Murri bin Hasan bin Husain bin Muhammad bin Jumah bin Hizam, as-Syaikh al-Imam al-‘Alim ar-Rabbani Muhyiddin Abu Zakariya al-Hizami an-Nawawi al-Hafidz al-Faqih, guru besar pada masa hidup dan sesudah wafat.

Beliau lahir pada kisaran tanggal 11-20 Muharram, 631 M. Beliau tumbuh besar di desa kelahirannya, Nawa. Di desa itulah, tanda-tanda bahwa kelak beliau menjadi orang besar sudah tampak. Pula, di desa itulah beliau mulai mengeja A-Ba-Ta. Belajar al-Quran huruf demi huruf.

Ketika menginjak umur yang ke 18, beliau mulai melakukan rihlah ilmiah. Beliau meninggalkan tanah kelahiran. Beliau pergi ke Damaskus untuk belajar. Di Damaskus beliau mulai mengaji kitab at-Tanbih selama empat bulan setengah. Lau hafal seper empatnya enam bulan kemudian.


Dalam mencari ilmu, beliau begitu semangat. Tak ada waktu selian untuk belajar. Bahkan, beliau tidak pernah tidur selama kurang lebih dua tahun. Beliau terus tenggelam dalam belajarnya. Hal itu beliau lakukan sampai tahun 651.

Semangat beliau dalam belajar bisa dilihat dari kitab yang beliau kaji setiap hari. Setiap harinya, beliau belajar sebanyak dua belas pelajaran kepada guru-guru beliau. Tak lupa, beliau juga mencatat keterangan-keterangan sang guru di pinggir kitab beliau.

Selain berilmu, Imam Nawawi juga sangat wara’. Sangat hati-hati dalam makanan. Selama di Damaskus beliau tidak pernah memakan buah-buahan. Sebab, kebun-kebun di Damaskus banyak yang terjadi syubhat. Tidak jelas halal-haramnya.

Beliau juga hanya makan satu kali dalam sehari. Yaitu setelah isyak. Beliau juga selalu berpuasa. Ketika sahur, beliau hanya meminum air. Beliau sangat sederhana dalam segala hal. Seperti makanan, minuman, dan pakaian. Beliau sangat sabar dalam menjalani ke-ruwetan hidup. Ketika sakit, beliau juga tidak pernah mengeluh. Pernah suatu ketika beliau haji bersama sang ayah. Mulai dari berangkat sampai hari Arafah, Imam Nawawi sakit panas. Tidak terdengar sekali pun beliau mengeluh.

Meski alim, beliau tidak pernah menggunakan ilmu beliau untuk mendapatkan keuntungan dunia. Beliau tidak mau menerima hadiah yang diberikan kepada beliau. Yang dibuat makan sehari-hari adalah kiriman sang ayah, yang dikirim dari Desa Nawa.

Imam Nawawi adalah sosok yang sangat menghormati waktu. Beliau tidak mau sedikit pun waktu beliau terbuang sia-sia. Maka, ketika ada orang yang datang kepada beliau menanyakan suatu masalah, beliau hanya menjawab salam. Lalu, menjawab seperlunya. Apa bila ada orang yang duduk di samping beliau, maka beliau memberikannya kitab untuk dibaca. Hal itu agar orang itu tidak menyibukkan beliau.

Imam Nawawi juga tidak segan-segan mengkeritik pemerintah. Beliau tidak meninggalkan amar markurf nahi munkar. Tidak sekali dua kali beliau mengkeritik Raja adz-Dzahir. Sehingga raja adz-Dzahari pernah mengatakan, “Saya tidak takut kepada siapapun kecuali pada Nawawi ini.” Tak heran jika raja ad-Dzohir selalu mengikuti perintah Imam Nawawi. Hal itu menunjukkan betapa ikhlas hati beliau dalam beramar makruf nahi munkar.

Imama Nawawi wafat pada hari Rabu, 24, Rajab, 676 H. beliau wafat di Desa Nawa juga dikbumikan di situ.
Innalillahi Wa Inna Ilaihi Rajiun.
Imam Nawawi meninggalkan banyak karangan yang terus dibaca sampai sekarang. Seperti, al-Majmu’, al-Adzkar, Riyad as-Sholihin, al-Arbain, dan masih banyak lagi.

·         Diambil dari Muqaddimah Kitab al-Fathul Mubin, karangan Ibnu Hajar al-Haitami yang mensyarahi karya Imam Nawawi, al-Arba’in, cetakan Dar al-Minhaj.


Post a Comment

Tinggalkan komentar anda....!

Previous Post Next Post