Kisah Berdirinya PP. Syaichona Moh. Cholil Bangkalan Madura


PP. Syaichona Moh. Cholil Bangkalan adalah salah satu pesantren besar di Bangkalan Madura. Alamat lengkapnya adalah Jl. KH. Moh. Kholil I No. 6, Demangan, Demangan Barat, Demangan, Kec. Bangkalan, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur 69115.

PP. Syaichona Moh. Cholil Bangkalan didirikan oleh kiai besar yang sangat berpengaruh, Syaichona Cholil Bangkalan. Syaichona Cholil adalah maha guru dari ulama Indonesia. Banyak santri beliau yang kemudian menjadi kiai besar dan mendirikan pesantren.

Sumber foto: www.syaichona.net

Dilansir dari al-khoirto.net, PP. Syaichona Moh. Cholil Bangkalan  berdiri pada tahun 1861 M. Oleh karenanya, PP. Syaichona Moh. Cholil Bangkalan  termasuk pondok pesantren tua di Maduara. 
Pondok yang sudah banyak melahirkan ulama-ulama yang turut berpean menyebarkan agama Islam.


Diceritakan, awalnya Syaichona Moh. Cholil Bangkalan mendirikan pondok pesantren di daerah Cengkubuan. Sejauh satu kilo meter dari PP. Syaichona Moh. Cholil Bangkalan  Bangkalan.

Akan tetapi, ketika putri beliau yang bernama Siti Khatimah menikah dengan Kiai Muhammad Muntaha, pondok pesantren itu beliau pasrahkan kepada sang menantu. Beliau serahkan kepengasuhan kepada menantu yang sebenarnya masih keponakan sendiri.

Nah, pesantren yang kedua ini, kemudian dikenal dengan PP. Syaichona Moh. Cholil Bangkalan. Letaknya dekat pusat dan alun-alun kota.

Alhamdulillah, PP. Syaichona Moh. Cholil Bangkalan  Bangkalan masih berdiri tegak sampai sekarang. PP. Syaichona Moh. Cholil Bangkalan  Bangkalan termasuk salah satu pesantren yang menjadi rujukan masyarakat Madura menuntut ilmu.

Adapun pengasuh PP. Syaichona Moh. Cholil Bangkalan  Bangkalan adalah sebagaimana berikut:

1. Syaichona Moh. Cholil Bangkalan
2. Kiai H. Abdul Fattah putra dari Nyai Aminah binti Nyai Mutmainnah binti Imron
3. Kiai H. Fakhrur Rozi putra dari Nyai Romlah binti Imron
4. Kiai H. Abdullah Schal bin Romlah binti Imron
4. Kiai H. Fakhrillah Sahal bin Abdullah Schal

1 Comments

Tinggalkan komentar anda....!

  1. Kok pengasuh kedua lebih jauh sanad nya dari pada pengasuh ketiga dan keempat

    ReplyDelete

Post a Comment

Tinggalkan komentar anda....!

Previous Post Next Post