Blogspot atau Wordpress, Pilih Mana?

Saya sempat bingung memilih blog. Milih blogspot atau wordpress? Yang mana yang paling bagus antara keduanya? Shobat juga merasakannya bukan? Kalau saya gampang. Tinggal browsing. Bertanya ke Mbah Google, “Pilih blogspot atau wordpress?”. Maka muncullah banyak judul. Saya klik dan saya baca satu persatu.

Memang, dalam masalah ngeblog, Google adalah guru terbaik saya. Setiap saya bingung, pasti nanya ke Google. Maklumlah, tidak punya teman dekat blogger. Kalau pun ada, jaraknya jauh. Dan rasa-rasanya lebih enak bertanya ke Google. Langsung dijawab. Hehe…


Setelah membaca banyak artikel, saya mengambil kesimpulan tidak ada yang lebih unggul antara keduanya. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Misalnya, blogspot bisa digunakan untuk menghasilkan uang, sedangkan wordpress tidak. Blogspot lebih cocok bagi pemula, sedangkan wordpress lebih cocok bagi yang sudah “oke” ngeblognya. Dan banyaklah. Dibaca sendiri saja. Di-klik di Google.

Suatu ketika, saya berfikir ternyata yang lebih penting bukan menggunakan blogspot atau wordpress. Itu tidak begitu penting. Yang paling penting adalah bagaimana kita mengelola blog. Blogspot bisa menjadi blog yang bagus jika pengelolanya rajin. Wordpress akan bagus jika pengelolanya juga rajin. Tentu, tidak ada blog yang bagus, apapun nama blognya jika pengelola tidak mengelola dengan baik. Betul?

Jadi, tidak usah bingung-bingung. Pilih saja mana yang disuka. Lalu, menulislah dengan rajin. Itu saja. Ngeblog itu bikin happy bukan bikin bingung.  Sekali lagi, yang paling penting tulisannya bukan blognya. Yang paling penting isinya bukan kulitnya.


Post a Comment

Tinggalkan komentar anda....!

Previous Post Next Post