Keutamaan dan Cara Bangun Malam

Dalam Islam, malam memiliki keistimewaan tersendiri. Malam yang hening dan sepi dari hiruk pikuk akitvitas sangat cocok digunakan bermunajat kepada Allah swt.. Kehusyukanpun bisa tercipta dengan sempurna. Tak heran, jika dalam al-Qur’an umat Islam diperintah untuk bangun malam dan bermunajat pada Tuhan. Allah berfirman,


وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَى أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَاماً مَحْمُوداً
 “Dan pada sebagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji” (QS. Isra’: 79)
Rasulullahpun mengatakan bahwa malam adalah waktu istijabah. Waktu jika kita berdo’a akan diterima. Rasulullah bersabda, “ Sesungguhnya pada waktu malam ada suatu waktu yang tidak seorangpun jika meminta kebaikan dunia dan akhirat pada waktu itu kecuali Allah akan memberikannya. Dan, hal itu terjadi setiap malam.” (HR. Muslim)

Selain itu, Rasulullah saw. juga menyayangkan orang yang tidur sampai pagi. Tidak bangun dan beribadah pada waktu malam. Rasulullah mengatakan bahwa orang itu terjatuh dalam rayuan setan. Rasulullah berkata ketika disebutkan seseorang yang tidur sampai pagi, “Dia seorang yang kedua telinganya di kencingi setan (Atau beliau mengatakan telinganya).” (HR. Muttafaq Alaih) Lalu, bagaimanakah cara mudah untuk bangun pada malam hari?
Memang, bangun pada malam hari begitu sulit. Apa lagi bagi orang yang belum terbiasa. Sangat sulit. Meski demikian, kita pasti bisa melakukannya. Kalau orang lain bisa, kenapa kita tidak? Asal kita mau berusaha dan komitmen. Setidaknya, ada tiga perkara yang harus kita lakukan jika kita ingin bangun malam. Pertama, niat yang kuat. Jika ingin bangun malam, kita harus punya niat. Punya keinginan untuk bangun pada waktu malam. Niat ini merupakan sesuatu yang primer. Tanpa niat ini, kita tidak bisa bangun malam.
Kedua, tidak tidur terlalu malam. Cara agar kita bangun malam dan tidak kesiangan, kita tidak boleh tidur terlalu malam. Dalam masalah ini, kita ditekankan untuk lebih pandai mengatur waktu. Kalau waktunya tidur, tidurlah. Agar kita bisa bangun sebelum waktu subuh tiba. Kitapun bisa salat tahjjud dan berdoa. Jika ktia tidur terlalu malam, bisa jadi kita akan kesiangan. Salat malam pun akan ketinggalan. Bahkan, kadang salat subuh juga hilang.
Ketiga, jangan makan terlalu kennyang. Saat kita ingin tidur, usahakan perut tidak terlalu penuh. Jika perut penuh, biasanya sulit bangun. Kita akan tidur pulas dan nyenyak. Bukan tidak boleh makan. Boleh, tapi pola makannya di atur. Jangan sampai terlalu kennyang. Selain membuat kita tidak bisa bangun malam, makan terlalu kennyang juga membahayakan kesehatan.
Keempat, mengaktifkan alarm. Alarm memiliki peran penting untuk membantu kita bangun malam. Jadi, sebelum kita tidur, kita atur alarm terlebih dahulu. Atur sesuai keinginan kita ingin bangun jam berapa. Usahakan suara alarm bukan suara yang mendayu. Sebab, kadang bisa memuat kita tambah enak tidur. Tapi, pasanglah suara yang menjengkelkan. Seperti suara ayam, suara kentungan, atau yang lainnya. Yang penting menjengkelkan. Atau suara sedih. Seperti puisi tentang ibu. Biasanya, kalau kita diingatkan kepada orang tua, kita cendrung akan berusaha. Kita tambah semangat demi orang tua. Apa lagi mahasiswa yang jauh dari orang tua.
Tentu, ketika kita tersadar dari tidur karena alarm sudah berbunyi, kita langsung baca do’a bangun tidur. Lalu, lekaslah bergegas ke tempat wudu. Jangan menunda walau sedetikpun. Jika kita menunda, kadang malah kebablasan. Kita tertidur lagi. Misalnya, ketika kita sudah bangun, kita melihat jam, lalu mengatakan dalam hati kita akan bangun lima menit lagi. Ini bahaya. Bisa jadi keinginan untuk bangun malam tidak akan tercapai. Kita tertidur lagi dan bangun setelah waktu subuh berkumandang. Sayang kan?


Itulah keutmaan bangun malam dan cara agar kita bisa bangun malam. Semuga bermenfaat dan berhasil!!

Post a Comment

Tinggalkan komentar anda....!

Previous Post Next Post