Indahnya Ramadan


Oleh: Masruroh El-Sieri

Ramadan Bulan Mulia |  Ramadan adalah bulan yang penuh rahmat, berkah dan pahala. Kenapa demikian ? karena pada bulan Ramadan ini kita dapat berkumpul dengan keularga. Allah juga menurunkan beberapa nikmat yang jarang kita temukan di bulan lainnya, seperti nikmatnya makan bersama keluarga, nikmatnya beribadah dan nikmatnya berbagi dengan sesama muslim. Dikatakan bulan berkah karna setiap apa yang terjadi dan kita rasakan itu berkah mulai dari rezeki, ketentraman hati dll. Dikatakan penuh pahala karena setiap amal sholeh yang kita lakukan pahalanya dilipat gandakan oleh Allah swt..

Tidak hanya itu, pada bulan suci ini semua pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup, setan diikat, setiap do’a di kabulkan dan orang-orang yang beribadah pun disaksikan para malaikat. Tinggal kita mau apa tidak.
Namun biasanya, ketika ramadlan tiba, hanya di awal saja yang semangat beribadah, ketika di pertengahan Ramadan, sudah mulai loyo. Contoh konkritnya, salat tarawih, ketika di awal Ramadan, masjid penuh, tapi ketika di pertengahan Ramadan, jamaahnya menyusut. Padahal, di selain Ramadan tidak ada salat tarawih dan belum tentu umur kita sampai lagi ke bulan Ramadan selanjutnya. Bukankah tidak ada yang tau kapan umur kita akan diambil?

Oleh karena itu, setidaknya ada dua poin yang harus kita kerjakan agar keindahan Ramadan dapat kita rasakan dengan sempurna. Pertama, memperbanyak ibadah. Terlebih membaca alqur'an. Saking agungnya membaca al-Qur’an di bulan Ramdan, ada ulama yang mengatakan, " Tinggalkanlah sejenak ilmumu, seperti membaca kitab, dan perbanyaklan membaca al-Qur'an".

Kedua, mengeluarkan zakat fitrah. Tujuannya adalah untuk menyucikan diri dari maksiat yang kita kerjakan selama setahun. Selain itu, zakat fitrah juga sebagai mediasi untuk membantu orang yang tidak mampu sehingga mereka dapat tersenyum, tertawa dan merasakan kebahagiaan pada hari raya.

Walhasil, marilah kita jadikan bulan Ramadan ini untuk menanam pundi-pundi amal saleh sebagai bekal nanti di akhirat. Sebab, setiap amal saleh yang kita lakukan, akan mendapat pahala yang berlipat ganda. Bahkan, bulan Ramadan ini juga menjadi tolak ukur baik dan tidaknya di bulan syawal nanti. Jika pada bulan Ramadan ini semangat beribadah maka pada bulan Syawal juga akan semangat beribadah.
Semoga kita termasuk golongan penduduk surga yang di khususkan oleh Allah amien ya Robbal alamien...

Penulis adalah santri PP. Miftahul Ulum Kerangdurin
Asal Sampang



Post a Comment

Tinggalkan komentar anda....!

Previous Post Next Post