Obat Sakit Hati

Agar tak sakit hati  “Pak guru, kenpa jenengan tidak pernah marah dan sakit hati. Padahal, temen-temen sering menyakiti jenengan?” tanya salah satu murid pada gurunya. Lalu pak guru penyabar itu menjawab, “Nak, pulanglah, nanti, setiap ada orang yang menyakitimu, ambil batu sebesar genggaman dan bawalah!” 

Murid itupun pulang dengan hati penasaran. Beberapa langkah meninggalkan pintu gerbang sekolah, tiba-tiba preman menabraknya keras sekali. Ia terjatuh. Belum juga bangun, preman itu memarahinya habis-habisan, “Kalau jalan, liat-liat dong.” Lalu preman berlalu. Tentuh, hati si murid itu sakitnya bukan main. Amarahnya memuncak. Tetapi, preman itu telah berlalu jauh. Yang tersisa hanya  hatinya yang sedang terluka. Kemudian, dia teringat pesan gurunya. Dia pun memungut batu sebesar genggaman dan dibawa dalam lipatan bajunya. Setiap ada orang yang menyakiti, si murid tidak lupa untuk mengambil batu dan membawanya.
Esok harinya, si murid mendatangi gurunya lagi. Melihat si murid, sang guru tersenyum. “Gimana, sudah kamu lakukan permintaanku?” Tanya pak guru bijak itu. “Sudah pak” “Berat kan kalau harus mengambil batu terus apa lagi harus membawanya” “Betul pak” “Begitu juga kalau kita disakiti dan dimasukkan ke hati, pasti kita merasa sakit. Maka, biarlah, gak usah dihiraukan. Kita gak perlu ngambil batu setiap waktu.”

(catatan pak guru)

Post a Comment

Tinggalkan komentar anda....!

Previous Post Next Post