Imam Ahmad bin Hanbal Ber-tabarruk

rambut-nabiDiceritakan, Imam Ahmad bin Hanbal memiliki tiga rambut Nabi Muhammad saw.. Beliau berwasiat agar salah satu rambut itu diletakkan di salah satu mata beliau, satunya diletakkan di mata yang lain, satunya lagi diletakkan di mulut beliau.

Abdullah bin Imam Ahmad, putra Imam Ahmad bin Hanbal juga bercerita, “Suatu ketika saya melihat ayah mengambil rambut Nabi Muhammad saw.. Lalu meletakkannya di mulut dan mengecupnya. Menurut saya beliau juga meletakkan rambut itu pada dua mata beliau dan mencelupkannya ke dalam air. Kemudian, meminumnya. Beliau berharap sembuh berkah rambut Rasulullah saw. itu.

Di cerita yang lain, pada suatu malam, seorang saleh bermimpi Imam Ahmad bin Hanbal. Orang saleh itu pun bertanya, “Apa rahasianya, kenapa kuburan sampeyan dikecup padahal yang lain tidak?” Imam Ahmad pun menjawab, “semua itu bukan karomah saya, tapi karomah Rasulullah saw.. Sebab, rambut Rasulullah bersama saya.[1]






[1] al-Makki, Muhammad Thohir bin Abdul Qodir al-Kurdi, 2012, Tabarruk as-Shahabah, hal: 58, Dar al-Minhaj, Jiddah, Arab Saudi.

Post a Comment

Tinggalkan komentar anda....!

Previous Post Next Post